Wednesday, July 6, 2011

Kebocoran pada Exhaust Valve Case

Pada suatu hari ditemukan gangguan berupa bocoran air yang terus terjadi pada air intake manifold pada mesin diesel pembangkit listrik kami. Pada biasanya air yang didrain dari drain valve manifold sedikit dan tidak terus menerus. Hal ini disebabkan karena kandungan moisture pada udara ketika diisap dan ditekan oleh blower kemudian didinginkan intercooler sehingga moisture tersebut berubah fasa menjadi cair (jadi air). Akan tetapi yang terjadi air yang keluar terus menerus pada katup drain.

Pertanyaannya, dimana gangguan yang terjadi pada mesin diesel tersebut? Terdapat dua opsi, yang pertama terjadi kebocoran pada intercooler. Opsi keduanya adalah kebocoran pada silinder head. Sehingga caranya adalah melakukan pengecekan dengan jalan yang pertama dengan menjalankan pompa intercooler dan pompa jaket water.

Ternyata ketika dijalankan pompa intercooler tidak terjadi perubahan debit kebocoran sedangkan ketika dijalankan pompa jaket water terjadi penambahan debit air bocoran. Sehingga dapat disimpulkan terjadi kebocoran pada silinder head (leakage occur in cylinder head). Untuk memastikan kami lakukan flushing dengan membuka indicator cock di semua silinder.

Maka ditemukan silinder head yang terjadi kebocoran. Setelah didrain keluar seluruh air dalam jaket water, dilakukan pembongkaran silinder head tersebut. Setelah silinder head dibongkar dan diangkat, dilakukan pengecekan dengan cara memberi air bertekanan dan menutup semua saluran air yang ada pada silinder head.

Kebocoran air terjadi pada exhaust valve case. Dikarenakan O- ring yang terdapat pada permukaan antara exhaust valve case dengan valve seat. Setelah dilakukan pergantian O-ring exhaust valve case silinder head dirakit kembali. Setelah itu diadakan pengecekan dan hasilnya mesin diesel laik operasi kembali.

0 comments:

Post a Comment