Monday, December 9, 2013

Faktor-faktor yang mempengaruhi Sistem Pendinginan Generator dengan Cooler


Pendinginan pada generator dilakukan melalui dua proses yaitu proses konveksi aliran udara yang mendinginkan stator dan rotor generator dan yang kedua adalah proses konduksi aliran udara yang didinginkan oleh cooler generator, lihat pada gambar berikut ini.

Faktor- faktor yang mempengaruhi sistem pendinginan generator :
       1.    Udara ambient
Udara ambient sangat mempengaruhi sistem pendinginan generator, karena sistem pendinginan utama yaitu cooling tower dipengaruhi oleh udara sekitar. Semakin dingin udara ambient semakin baik efisiensi pendinginan cooling tower. Medium air yang digunakan untuk pendinginan cooler generator menggunakan air siklus open loop yang merupakan air hasil pendinginan langsung melalui cooling tower.
       2.    Kualitas air pendingin
Medium yang digunakan untuk mendinginkan generator adalah air siklus open loop. Sehingga kualitas air sangat mempengaruhi proses pendinginan pada cooler generator. Dengan konduktifitas air yang tinggi akan meningkatkan transfer panas sehingga meningkatkan efesiensi pendinginan cooler.
       3.    Kondisi kebersihan dari cooler generator
Salah satu penyebab utama kualitas pendinginan turun adalah kondisi cooler generator yang kotor. Sehingga secara periodik harus dilakukan pembersihan cooler  untuk menaikkan efisiensi pendinginan cooler generator.
       4.    Unbalance Voltage pada generator
Kondisi tegangan yang tidak sama untuk masing-masing fase akan menyebabkan panas yang ditimbulkan oleh generator akan lebih besar. Sehingga kondisi ini harus diperhatikan, karena kondisi ini selain dipengaruhi oleh tahanan dari belitan stator juga dipengaruhi oleh pembebanan sistem, maka diperlukan koordinasi secara menyeluruh dari pembangkit transmisi hingga distribusi.
       5.    Kebersihan pada Cooling Tower
Kebersihan pada cooling tower  sangat berpengaruh karena media air yang digunakan adalah air open loop yaitu air yang sama digunakan pada kondenser.
       6.    Operasional ball tube cleaning pada kondenser
Pada pengoperasian ball tube cleaning , bola-bola pembersih kondenser akan ditangkap oleh separator, akan tetapi ada beberapa dari bola-bola pembersih akan lolos pada saluran open loop. Jika strainer sebelum generator cooler rusak maka bola-bola pembersih tersebut akan menyumbat generator cooler, sehingga akan menyebabkan berkurangnya kapasitas pendinginan. Jika terlalu banyak yang menyumbat maka jangka waktu pembersihan cooler akan lebih singkat.

0 comments:

Post a Comment