Wednesday, December 25, 2013

Cara menyetel steer mobil agar tidak miring ke samping


Kadang saat kita menyetir mobil, kendali mobil kita cenderung ke arah kiri atau kanan mobil. Terlebih lagi ketika kita melaju dengan kecepatan yang tinggi seakan-akan mobil tertarik ke arah kanan atau kiri. Hal tersebut diakibatkan oleh stel  tie rod mobil kita yang ngga senter. Salah stel tie rod pada mobil Anda akan menyebabkan anda mengendarai mobil menjadi kurang nyaman dan aman. Anda perlu mengeluarkan tenaga ekstra karena harus menahan beban tarikan roda yang menyamping baik ke arah kiri ataupun ke kanan.
Jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan kita dapati ban mobil Anda akan termakan sebelah karena ban mobil berputar secara miring tidak tegak lurus dengan permukaan jalan. Sehingga akan membuat Anda mengeluarkan biaya pemeliharaan yang lebih untuk melakukan penggantian ban sebelum jatuh temponya (life time ban). Yang anda perlu lakukan adalah menyetel tie rod sehingga didapati kondisi steering yang senter lurus ke depan tidak menyamping. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mendatangi bengkel yang menyediakan jasa spuring. Biasanya dapat kita jumpai di bengkel ataupun toko ban, dengan bantuan alat spuring mekanik akan menyetel roda ban Anda. Hasil dari stel tie rod tadi tergantung oleh kejelian dari mekanik bengkel tersebut, sehingga tak jarang jika hasil spuring kurang memuaskan yaitu masih menyisakan sedikit miring.
Cara kedua adalah dengan cara manual, hasil stel tie rod yang bisa Anda lakukan sendiri. Caranya adalah cari tempat yang rata dan datar. Tarik benang dari ujung roda ban belakang menuju roda ban depan, sebelumnya atur steer Anda sedimikan hingga steer pada posisi mengarah lurus kedepan. 
Garis merah tersebut adalah benang yang kita gunakan untuk mengukur kelurusan roda ban depan, sehingga digunakan untuk pedoman penyetelan tie rod. Pertama-tama kita pilih roda depan kanan yang akan kita luruskan. Angkat sedikit ban roda depan kanan, sehingga bebas dalam penyetelan tie rod.
Jika yang kita dapati seperti pada gambar di atas ini. Selanjutnya kita buka lock nut kemudian kita tarik tie rod ke arah dalam.





Atau jika yang terjadi seperti gambar diatas maka kita dorong tie rod ke arah luar. Sehingga dihasilkan setelan tie rod seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah didapatkan hasil yang lurus maka kita kencangkan lock nut. Untuk roda depan sebelah kiri kita lakukan persis seperti apa yang telah dilakukan pada roda sebelah kanan di atas. Setelah selesai kita coba test drive, bandingkan kondisinya dengan sebelum disetel tie rodnya, selamat mencoba.




0 comments:

Post a Comment