Thursday, December 12, 2013

Mesin Diesel Terbaru Mitsubishi

dapurpacu.com


JAKARTA [DP] — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, hari ini (15/4), memperkenalkan mesin diesel terbarunya kepada para jurnalis di Jakarta.
Mesin baru diimbuhi teknologi DI-D High Power, Mitsubishi mengklaim mesin diesel terbarunya mampu meningkatkan tenaga tetapi irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Saat ini mobil bermesin diesel mulai disenangi masyarakat Indonesia. Performa mobil bermesin diesel, kini, sudah mulai menyamai mesin bensin. Tidak hanya memiliki torsi besar dan hemat bahan bakar, mobil diesel juga memiliki akselerasi cukup prima.
Mesin diesel pertama kali disematkan pada mobil di tahun 1933,  yaitu mobil penumpang Citroen Rosalie. Tiga tahun setelah itu Mercedes 260 D mengaplikasi jenis mesin yang sama.
Mitsubishi sendiri mulai menggunakan mesin diesel pada tahun 1980-an, yang dipercaya untuk berbagai pekerjaan berat, serta berkontribusi di berbagai jenis usaha dan ikut membantu menggerakan roda perekonomian Indonesia dengan menghadirkan kendaraan truk bermesin diesel.
Pada perkembangannya inovasi mesin diesel Mitsubishi Indonesia telah mengalami banyak peningkatan, seperti sistem Common Rail Direct Injection, telah dipakai Mitsubishi Strada Triton dan Pajero Sport, yang mendapatkan sambutan baik dari para penggunanya.
Pengembangan inovasi teknologi diesel terus dilakukan Mitsubishi dengan mengadopsi Variable Geometry Turbo (VGT) pada Mitsubishi 2.5 Liter DOHC 16-valve Common Rail Direct Injection yang mampu memberikan torsi maksimum di seluruh rentang RPM (putaran mesin).

Cara kerja VGT sangat canggih karena saat volume gas buang sedikit dan kondisi RPM rendah sampai menengah, maka sirip-sirip di dalam VGT secara otomatis bergerak menutup. Sehingga lorong gas buang menyempit, yang menyebabkan gas buang dapat memutar turbin lebih cepat.
Sedangkan pada kondisi RPM tinggi, volume gas buang akan padat. Sehingga sirip-sirip VGT bergerak membesar. Hal ini akan mengurangi tekanan balik gas buang dan menjaga kecepatan turbin.
VGT berfungsi mengoptimalkan kinerja turbin untuk mencapai torsi tinggi pada kecepatan rendah dan mengeluarkan kekuatan maksimal pada kecepatan tinggi, sehingga dapat menghasilkan tenaga mesin yang sangat besar. Mitsubishi mengklaim 178 PS pada 4.000 RPM.
“Ini adalah mesin terbaru dari Mitsubishi Motors Corporation, dan menjadi trend global. Kami menyebutnya dengan nama DI-D High Power,” ungkap Eiichi Koito, Operating Marketing Director PT KTB.
Penggunaan teknologi mesin diesel terbaru ini menghasilkan daya besar tanpa harus meningkatkan kapasitas mesin sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Sekaligus kontrol emisi yang sangat baik. Suara mesinnya pun menjadi halus, klaim Mitsubishi.
Sayangnya, pihak Mitsubishi belum mau memberikan penjelasan mengenai produk-produk yang akan menggunakan mesin diesel terbarunya ini.”Nanti akan kita beritahu pada waktunya,” Ungkap, Rizwan Alamsyah, Executive Marketing Director PT KTB.
Dapurpacu mengendus mesin ini akan dipakai Mitsubishi Strada Triton 2011 dan Mitsubishi Pajero Sport 2011. Kedua produk telah diluncurkan di Thailand pada medio Januari 2011. Kita tunggu. Semoga endusan kami benar. [dp/ CUP]

0 comments:

Post a Comment