Tuesday, December 17, 2013

Turbin

Turbin merupakan peralatan yang digunakan untuk mengubah energi panas, energi potensial maupun energi kinetik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini yang digunakan sebagai pengerak utama dalam suatu peralatan.
Berdasarkan sumber tenaga yang digunakan, turbin dibagi menjadi :

1. Turbin Air
Energi air yang melimpah dapat dipakai menjadi sumber energi, dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetiknya menjadi energi mekanik. Ada beberapa jenis turbin air yaitu : turbin pelton, turbin francis, turbin kaplan, turbin aliran silang.
Turbin pelton ditemukan oleh Lester Pelton, turbin ini memanfaatkan energi kinetik dari air untuk mendorong turbin berputar.
Gambar turbin pelton
Turbin francis merupakan turbin reaksi yang memanfaatkan energi potensial air dengan head yang tinggi dan juga debit yang besar. Bentuk impellernya seperti pada pompa sentrifugal, dalam mengatur tenaganya menggunakan guide vane untuk mengatur debit airnya.
Gambar turbin francis
Turbin kaplan sangat cocok diaplikasikan pada head yang rendah dengan debit yang tinggi. Bentuk impellernya seperti kipas.
Gambar turbin kaplan
Turbin aliran silang biasanya digunakan untuk mikrohidro.

Gambar turbin aliran silang

2. Turbin Uap
Turbin uap memanfaatkan energi yang terdapat pada uap kering ( superheater steam ) yang diekspansikan di turbin menjadi energi mekanik. Turbin terdiri dari rotor dan stator, pada rotor terdapat blade turbin sedangkan pada stator terdapat nozzle. Steam yang digunakan merupakan uap kering, untuk menghindari terjadinya kondensasi saat berlangsungnya proses ekspansi di turbin. Karena jika terjadi kondensasi pada saat ekspansi di turbin akan menyebabkan vibrasi yang tinggi dan akan merusak blade turbin. Secara thermodinamika seluruh proses pada turbin uap disebut dengan siklus rankine.
Gambar siklus rankine
Gambar turbin uap

3. Turbin gas
Turbin gas merupakan mesin tenaga yang sering digunakan sebagai penggerak pada pesawat terbang. Bentuknya yang kompak dan cocok secara aerodinamis menjadikan turbin ini digunakan sebagai mesin penggerak pada kebanyakan pesawat terbang saat ini. Turbin gas juga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) yang dapat dikombinasikan dengan heat recovery steam generator (HRSG) menjadi mesin yang lebih efisien menjadi pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU). PLTGU mempunyai efisiensi thermal yang jauh lebih tinggi daripada PLTG.
Gambar turbin gas
Penggunaan jenis-jenis turbin di atas tadi sangat luas pada dewasa ini. Semoga pengetahuan tadi dapat memberikan manfaat bagi pengunjung blog ini.





0 comments:

Post a Comment